oleh

Viral Anak 12 Tahun Menyetir Truk, Pengusaha Keluhkan Lemahnya Regenerasi Sopir Truk

-Sosial-21 views

JAKARTA, faamnews.com – Viral di media sosial unggahan video berdurasi 15 detik yang mempertontonkan anak mengendarai truk trailer. Anak laki-laki tersebut diketahui baru berumur 12 tahun.

Padahal, anak di bawah umur ini dilarang keras mengemudikan truk karena sudah pasti belum memiliki SIM dan melanggar aturan.

Sekretaris Jenderal Indonesian Multimoda Transport Association (IMTA) sekaligus Direktur Utama PT Kyatma Djaja Logistic Kyatmaja Lookman mengatakan, kemungkinan fenomena ini dapat terjadi karena adanya kekurangan dan lemahnya regenerasi pengemudi truk.

“(Penyebabnya) defisit pengemudi dan lemahnya regenerasi pengemudi. Kalau perusahaannya, mungkin nggak menyerahkan anak 12 tahun, kecuali kalau bosnya gila,” tandas Kyatmaja
Kepada faamsnews.Com jumaat 30/04/2021

Meskipun seseorang sudah berusia 17 tahun, lanjut Kyatmaja, dia tidak bisa langsung mengemudikan truk. Butuh setidaknya waktu 3 tahun sampai seseorang tersebut mendapatkan SIM B2 umum, atau di umur sekitar 21 tahun.

“17 tahun aja nggak boleh mengemudikan trailer, baru dapat SIM A. Setahun kemudian B1, setahun kemudian B1 umum, setahun kemudian B2 umum. Setidaknya 3 tahun, minimal 21 tahun baru bisa bawa trailer,” ujarnya.

Menurut Kyatmaja, kemungkinan, memang anak tersebut mendapat arahan dari bosnya untuk mengemudi truk karena dari video yang diunggah, bocah tersebut pergi ke Tasikmalaya sendirian.

Dalam beberapa kasus, Kyatmaja juga pernah menemukan beberapa anak di bawah umur mengendarai truk trailer.

“Waktu itu ada umur 14 tahun juga beberapa kali pernah saya dengar. Ini 12 tahun, rekor paling muda,” ujarnya.

(Rika Nengsih)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed