Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Upaya Penanggulangan TPPO Imigrasi Tangerang Gelar Kegiatan KIEP

Total views : 467
  • Bagikan

Tangerang,Faamnews.com– Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang mengadakan kegiatan KIEP (Komunikasi, Informasi, Edukasi Dan Partisipasi) Desa Binaan di Hotel JHL Tangerang, Rabu (6/3/2024).

Kegiatan ini diadakan selain upaya mencegah dan menanggulangi Tindak Pidana Penculikan Orang (TPPO), juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan memperkuat sinergi antara Kantor Imigrasi dan komponen masyarakat dalam menjaga keamanan di wilayahnya. Sosialisasi difokuskan pada pengetahuan mengenai potensi tindak pidana perdagangan orang, serta cara-cara pencegahan yang dapat diambil oleh masyarakat setempat.

Kegiatan ini mencakup tiga kecamatan di Kabupaten Tangerang, yaitu Kronjo, Mekar Baru, Kresek, Teluk Naga, Curug dan Kelapa Dua.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Rakha menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Kantor Imigrasi untuk memberikan perlindungan dan keamanan kepada masyarakat. “Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih waspada terhadap potensi bahaya serta aktif berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan yang aman,” ujar Rakha.

Sosialisasi Desa Binaan Imigrasi melibatkan narasumber BP3MI Banten dan ahli dalam bidang keamanan dan penegakan hukum. Peserta kegiatan terdiri dari perwakilan masyarakat, perangkat desa, serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Materi yang disampaikan mencakup pengenalan tanda-tanda awal tindak pidana perdagangan orang, strategi pencegahan, dan tindakan yang harus diambil dalam situasi darurat.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten Dodot Adikoeswanto menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan melaporkan segala aktivitas yang mencurigakan kepada pihak berwajib.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi forum untuk membangun kerjasama antara Kantor Imigrasi dan komponen masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman untuk semua.

banner 325x300
Penulis: Riika nengsih
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.