oleh

STISA Pamekasan launching AIS Sebagai Kampus Berbasis IT Menyongsong 4.0

PAMEKASAN, faamnews.com – Sekolah Tinggi Ilmu Syariah As Salafiyah (STISA) Sumber Duko Pamekasan, memastikan diri di bulan Januari 2021, akan melaunching penggunaan Academic Informatoin System (AIS) online tingkat Kampus.

Hal ini diungkapkan Ketua STISA Pamekasan K.H. Ali Makki Musyaffa’ ,S.Pd.I, M.Pd.I, melalui Wakil Bidang Akademik K.H. Holil Subhi, S.H.I, M.H., Menurutnya, penggunaan AIS ini sudah menjadi tuntutan perguruan tinggi diera 4.0 yang sudah serba penggunaan Informasi Teknologi (IT).

Terlebih pimpinan kampus ini selalu mendengungkan motto STISA Pamekasan “Unggul, Unggul dan berkemajuan” Tentu, kalau mau berkemajuan, harus bisa mengikuti perkembangan zaman, saat ini sudah serba IT, maka STISA Pamekasan harus mengikuti itu,” ungkapnya. Senin (04/01/2021).

Sebenarnya kata Holil Subhi, dua prodi di kampus ini sudah menggunakan AIS Online secara lokal, seperti Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), dan Hukum Keluarga Islam (HKI) hanya saja di tingkat Prodi saja awal bulan Januari 2021 baru akan di launching.

“AIS itu adalah salah satu intrumen penilaian saat akreditasi, sehingga, saat sebelum dilakukan reakreditasi di sejumlah prodi, didorong dilakukan penerapan AIS Online itu, minimal skala lokal tingkat Prodi,” ungkap Holil.

Holil menjelaskan bahwa AIS (Academic Informatoin System) online adalah suatu Sistem Informasi Akademik yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online.

Kegiatan administrasi akademik kampus seperti proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, perwalian, pengelolaan data dosen dan mahasiswa yang dapat digunakan secara online. Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus.

Tujuan dari adanya AIS ini adalah penataan data dalam pengelolaan akademik serta mempercepat dan memudahkan penyampaian informasi.

AIS dimaksudkan untuk pengelolaan dan bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat pengelolaan informasi mulai dari registrasi mahasiswa baru, informasi-informasi penting, pengisian KRS, jadwal kuliah hingga diwisudanya mahasiswa dapat dikelola dengan sistem inforamasi akademik. Bukan hanya mahasiswa yang dapat memanfaatkan AIS, dosen serta seluruh civitas akademika juga dapat menggunakannya.

“Untuk menjadikan STISA Pamekasan sebagai Pusat Pengembangan Panca Dharma Perguruan Tinggi yang Unggul dan Berbasis Teknologi Informasi yang mampu Berkompetisi Secara Nasional, saya kira inilah salah satu jalannya,”tambah Puket 1 STISA ini. (Anam)


 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed