oleh

SMKN 1 Beji Siapkan Diri Menuju Assasemen Kompetensi Nasional (AKM)

PASURUAN, faamnews.com-Kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia segera dilaksanakan, Salah satunya dengan menghapus Ujian Nasional (UN) diganti Asesmen Kompetensi.

Tak terkecuali di SMKN 1 Beji yang sedianya akan melaksanakan kegiatan Assasemen Kompetensi Nasional (AKM), hal ini juga mulai dipersiapkan dengan seksama agar berjalan lancar dengan menggelar gladi bersih untuk kegiatan yang sedianya dilaksanakan pada tanggal 20-23 September ini.

Perlu diketahui bahwasanya kegiatan Assasemen Kompetensi Nasional sendiri akan diikuti 50 siswa yang sudah dipilih oleh pusat secara acak, karena yang memilih adalah dari pusat maka sedini mungkin SMKN Beji mempersiapkan persiapan yang ada.

Humas SMKN 1 Beji Sigit Waluyo menerangkan “Asesmen nasional sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah kompetensi yang benar-benar minimum, dimana melalui AKM dapat memetakan sekolah-sekolah di daerah berdasarkan kompetensi minimum yang harus dipersiapkan,” ujar Sigit.

Kompetensi Minimun adalah kompetensi dasar yang dibutuhkan murid untuk bisa belajar, apapun materinya dan apapun mata pelajarannya. Sehingga materi AKM ada dua yaitu terkait literasi atau baca tulis, serta literasi numerasi.

Literasi yang dimaksudkan di sini bukan sekedar kemampuan membaca, tapi juga kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan numerasi adalah kemampuan menganalisis menggunakan angka.

Serta menekankan literasi dan numerasi bukan tentang mata pelajaran bahasa atau matematika, melainkan kemampuan murid agar dapat menggunakan konsep literasi ini untuk menganalisa sebuah materi.

“Dengan literasi dan numerasi ini membantu murid-murid untuk mempelajari bidang ilmu lain, terutama untuk berpikir dan mencerna informasi dalam bentuk tertulis dan dalam bentuk angka atau kuantitatif,” imbuh Sigit.

“Sigit juga berharap kegiatan tersebut berjalan lancar tanpa ada kendala apapun dengan mempersiapkan apa yang sekiranya dibutuhkan, dan sebelum pelaksanaannya di SMKN 1 Beji akan di gelar gladi bersih tes AKM itu sendiri,” pungkas Sigit. (por)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed