oleh

SIMULASI Di Lapangan Wijaya Sampang, 35 Peserta Kancana Berdaya Praktekkan Dalam Menanggulangi Bencana

SAMPANG, Faamnews.com – Sebanyak 35 peserta Karang Taruna Siaga Bencana Berbasis Budaya (Kancana Berdaya) yang terdiri dari Pengurus dan Anggota karang taruna Desa, Kecamatan, dan Kabupaten se-kabupaten Sampang mengikuti sosialisasi dan pelatihan dalam menanggulangi bencana, yang digelar selama dua hari di lapangan Wijaya Kusuma Sampang Madura Jawa Timur.

Dari pantauan media ini, dihari keduanya para peserta mempraktekkan lansung ilmu yang didapat dari pemateri kegiatan, laksana terjadi bencana banjir di Lapangan Wijaya Sampang. Jum’at pagi 26/11/2021

Dalam simulasi, warga masyarakat baik lansia, balita dan penderita Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sedang berada di lokasi, dengan keadaan susah karena terjebak dan membutuhkan pertolongan.

Laksana terjadi musibah, kemudian dengan cepat Tim Karang Taruna Siaga Bencana Berbasis Budaya (Kancana Berdaya) Sampang melakukan tindakan.
Tim TRC Kancana Berdaya langsung mengasesment lokasi bencana dan melaporkannya kepada Koordinator

Setelah melakukan pemetaan dan skema tindakan Koordinator memerintahkan membuka Posko, Evakuasi korban, Dapur umum serta Pos Medis.

Aksi seperti itu, akan dilakukan oleh Peserta Sosialiasi dan Pelatihan Kancana Berdaya jika terjadi bencana.

Praktek terhadap Peserta Kancana Berdaya dibimbing dan dipandu Instruktur dari Dinsos Jatim, Kancana Berdaya FPKT Jawa Timur dan Kabupaten Sampang, Tagana Jawa Timur dan Kabupaten.

Saat memberikan bimbingan, Wakil Ketua Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Jawa Timur Gogot Setyono mengatakan bahwa Kancana Berdaya merupakan program yang diinisiasi oleh FPKT Jawa Timur.

“Program ini mensoundingkan dengan visi dari Gubernur Jatim yang akan memberdayakan masyarakat rawan bencana.” Ujarnya

“konsep ini berbeda dengan Penanganan Bencana lainnya, karena mempertimbangkan Budaya lokal serta dimulai dari pra sampai penanganan pasca bencana.” Imbuh Gogot sapaan akrabnya

Sementara Ketua FPKT Kabupaten Sampang Moh Jakfar S.Pd mengungkapkan Sosialiasi dan Pelatihan pada peserta Kancana Berdaya merupakan program Dinas Sosial Jatim yang diinisiasi FPKT Jawa Timur serta diresmikan oleh Dr Alwi M.Hum Kepala Dinsos Jatim

“Saya berharap kepada semua peserta Kancana Berdaya ini, untuk betul-betul mempraktekkan ilmunya dengan aksi nyata saat terjadi bencana.” Harap Jakfar

Pentingnya diketahui, bahwa diadakannya pelatihan dan simulasi ini, karena mengingat kondisi kabupaten Sampang merupakan daerah rawan banjir. (M2N)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed