oleh

Serahkan Kemudi ke Anak 12 Tahun, Sopir Asli Truk Tronton Langsung Dipecat Perusahaan

-Hukum-42 views

JAKARTA, faamnews.com – Polisi menyelidiki video viral di media sosial mengenai anak laki-laki usia 12 tahun menyetir truk di jalanan. Polisi menyebut, anak tersebut mengemudikan truk karena menggantikan sopir yang tengah tertidur.

Sopir tersebut berinisial H (33), karyawan PT STA yang berlokasi di Jakarta Utara. H telah diberhentikan dari perusahaan menyusul beredarnya video aksi anak laki-laki menyetir truk tronton di ruas jalan Tol. Saat kejadian, H sedang tertidur tepat di samping kursi pengemudi.

“Viralnya kasus ini membuat perusahaan mengambil kebijakan memberhentikan H dari pekerjaannya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus Jumat (30/4/2021).

Yusri menerangkan, Ditlantas Polda Metro Jaya menyelidiki rekaman video yang memperlihatkan seorang anak laki-laki mengemudikan truk tronton. Truk itu sempat disebut dibawa si anak dari Tasikmalaya.

Faktanya, Yusri menyampaikan, anak laki-laki tersebut menyetir truk tronton dari rest area di KM 12 sampai ke KM 19 di Tol Cikampek.

Kepada penyidik, H mengaku kondisinya sedang mengantuk. Sehingga menyerahkan kemudi ke anak 12 tahun yang merupakan keponakannya sendiri.

“Ceritanya sebenarnya si anak itu bukan bawa sampai ke Tasik. Tapi cuma 7 kilometer jaraknya. Karena pada saat itu sopir aslinya mengantuk sekali, kemudian dibawa oleh si anak kecil ini,” kata Yusri.

Yusri menerangkan, peristiwa anak 12 tahun menyetir truk itu diabadikan rekan sesama sopir di ruas jalan tol pada enam bulan lalu dan baru viral April 2021. “Kejadiannya bukan kemarin. Ini sudah 6 bulan yang lalu,” ujar dia.

Yusri mengimbau masyarakat agar kejadian ini tidak lagi terjadi di kemudian hari. Dia menyampaikan, beberapa syarat harus terpenuhi apabila seseorang ingin mengemudikan kendaraan.

“Ini pembelajaran buat yang lain. Ini sangat berbahaya dampaknya bagaimana anak di bawah umur belum pantas memiliki SIM membawa truk sebesar ini,” tandas dia.

(Rika Nengsih)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed