oleh

Samsat Bulak kapal Peduli Kesehatan Serta memberikan Pelayanan Ekstra

-Hukum-34 views

JAKARTA, faamnews. com – Samsat Kota bekasi Bulak Kapal terus melakukan pembenahan dalam pelayanan kepada wajib pajak. Ke depannya terus memberikan pelayanan yang lebih baik demi meningkatkan mutu pelayanan kepada wajib pajak.

Pembenahan eksternal hingga internal pun tak luput menjadi perhatian AKP. Subur, Kanit STNK samsat Bekasi Kota.

Salah satunya melakukan pembenahan terhadap anggotanya dalam melayani wajib pajak.

Setiap petugas pelayanan Samsat di wajibkan selalu melakukan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) kepada masyarakat. Hal itu sangatlah penting agar tercipta kesejukan dan bersahabat dalam melayani.

Seperti di ketahui, selama ini Samsat Bulak kapal termasuk samsat yang sukses dalam melayani wajib pajak seperti pelayanan STNK online, pengoperasian STNK keliling, pelayanan Door to Door. Mobil pelayanan keliling merupakan upaya inovasi yang sinergi untuk tujuan pelayanan yang professional dan akuntabilitas.

Pembenah eksternal antara lain calo yang setiap hari berkeliaran kini tidak lagi tampak batang hidungnya. Bahkan para pengantar wajib pajak tidak di perkenankan untuk masuk, tetapi pengantar di beri tempat di lobby bawah lantai satu.

Wajib pajak yang akan mengurus dokumen kendaraannya terlihat lebih nyaman sembari menunggu penyelesaian proses dokumen di loket loket yang telah di sediakan. “Meskipun di luar terik panas, namun di dalam ruangan sangat sejuk dan nyaman, tinggal menunggu dokumen perpanjangan STNK mobil saya,” kata wajib pajak Wahyu, Selasa (08/04).

Berbeda halnya dengan Sandi, berharap dan menghimbau kepada masyarakat Bekasi, setiap pengurusan sebaiknya di lakukan sendiri. Tidak menggunakan jasa calo karena sudah di berikan kemudahan berupa informasi oleh petugas.

Apabila dalam melakukan pengurusan mengalami kendala petugas pelayanan Samsat akan membantu sesuai dengan kapasitasnya.

Pantauan Tim faam news di Samsat Bulak Kapal tidak terlihat antrian panjang pemohon yang berdiri di depan loket untuk mengurus dokumen kendaraan. Wajib pajak tampak duduk santai menanti di sebuah ruangan yang sudah di sediakan di depan loket.

Selain itu ruangan pun ber AC. Cerminan ini bukanlah isapan jempol belaka, pemadangan ini sudah berlangsung setiap hari.

Seperti di ketahui, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (di singkat Samsat), atau dalam bahasa Inggris One Roof System. Ini suatu sistem administrasi yang di bentuk untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat yang kegiatannya di selenggarakan dalam satu gedung. Contohnya dalam hal pengurusan dokumen kendaraan bermotor.

Samsat merupakan suatu sistem kerja sama secara terpadu antara Polri, Dinas Pendapatan Provinsi dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam pelayanan untuk menerbitkan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang dikaitkan dengan pemasukan uang ke kas negara.

Pemasukan itu baik melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendanraanan Bermotor, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ) yang dilaksanakan pada satu kantor yang dinamakan “Kantor Bersama Samsat”.

Dalam hal inilah, Polri memiliki fungsi penerbitan STNK, Dinas Pendapatan Provinsi menetapkan besarnya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB). Sedangkan PT Jasa Raharja mengelola Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

*Hansen*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed