Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Pulihkan Ekosistem di Kawasan Taman Mangrove Tanjung Pasir Personil Ditpolairud Polda Metro Tanam 1000 Bibit Pohon

Total views : 161
  • Bagikan

Jakarta, Faamnews.com– 100 Personil Ditpolairud Polda Metro Jaya, dan Para Pejabat Utama dan Perwakilan Polisi Hutan telah melaksanakan Penanaman Mangrove.

Kegiatan tanam pohon ini dalam rangka pemulihan ekosistem di kawasan Mangrove Di Kawasan Taman Mangrove Tanjung Pasir pada tanggal 19 Desember 2023.

Sebanyak 1000 bibit ditanam di lahan seluas lebih kurang dua haktardi Kawasan Taman Mangrove Tanjung Pasir.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dirpolairud Polda Metro Jaya Kombes Pol Joko Sadono.

Dalam sambutannya, Joko menyatakan bahwa kegiatan penanaman mangrove dalam rangka pemulihan ekosistem.

” Kota harapkan tanam pohon ini dapat terwujudnya pemulihan dan memperbaiki serta mempertahankan kualitas hutan mangrove, lebih baik lagi.

Kegiatan ini kata dia juga diharapkan dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologis dan ekonomis.

“Dengan adanya kegiatan penanaman ini masyarakat dapat ikut serta dalam menjaga ekosistem mangrove di kawasan Taman Mangrove Tanjung Pasir,” ujarnya.

Setelah pembukaan adanya arahan dari Anggota Perwakilan dari Polisi huatan mengenai cara untuk menanam mangrove dengan teknik pembibitan dan penanaman dengan menggunakan metode pengayaan.

Pembibitan dilakukan dengan menanam seedling dalam polibag yang sudah diisi tanah. Jenis bibit yang ditanam adalah Rizhopora Mucronata dan Rizhopora Stylosa.

Penanaman dilakukan dengan jarak tanam bibit mangrove bervariasi mulai dari 1m x 1m, 2m x 2m, hingga 2bmx 5m.

Kegiatan penanaman dilakukan langsung oleh Dirpolairud Polda Metro Jaya Beserta Para Pejabat Utama

Diakhir sambutannya Dirpolairud Polda Metro Jaya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua Personil Ditpolairud Polda Metro Jaya yang terlibat dan ikut serta menyukseskan kegatan ini dan berharap kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait kelestarian hutan dan lingkungannya.

banner 325x300
Penulis: Riika nengsih
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.