Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Program Pembinaan, Lapas Salemba Lanjutkan Kerjasama Dengan Perbanas Institute

Total views : 296
  • Bagikan

Jakarta,Faamnews.com- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA gelar acara Seminar Nasional Perbanas Intitute (SNAP) 3, sekaligus Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Perbanas Institute.

Dalam sambutannya Kalapas Kelas IIA Salemba yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham (Kanwil KumHam) DKI Jakarta menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Rektor Perbanas Institute Prof. Dr. Hermanto Siregar. M.Ec, beserta jajaran.

“Sebelumnya saya ucapkan permohonan maaf karena sedianya yang hadir disini adalah Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, tetapi karena ada kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan maka diwakilkan kepada saya. Kerjasama ini telah berjalan pada Tahun 2020 dan kemudian sekarang diperpanjang,” ucap Kalapas Kelas IIA Salemba Beni Hidayat dalam sambutannya, Rabu (13/12).

Beni Hidayat dalam teks sambutannya, menyampaikan pentingnya Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tiga kewajiban yang terdapat dalam perguruan tinggi.

“Tiga kewajiban tersebut terdiri dari tiga poin, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat,” ucap Kanwil Kumham DKI Jakarta.

Seperti yang kita ketahui bahwa Program Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian, melaksanakan riset dan mengembangkan inovasi, serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Hasil yang dicapai dapat berguna bagi masyarakat. Khususnya Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya. Sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional,” sambung Kanwil KumHam DKI Jakarta.

Lanjut dikatakan, jika hal tersebut berkaitan dengan Program program Pembinaan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan khususnya Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba.

“Lembaga Pemasyarakatan sebagai salah satu wadah pembinaan narapidana yang juga berfungsi sebagai lembaga pendidikan dan pembinaan bagi narapidana dengan memberikan program pembinaan kepribadian dan kemandirian sebagai bekal keterampilan dan persiapan ketika bebas nanti,” ucap Beni.

Hasil dari program pembinaan kemandirian narapidana adalah memperoleh keterampilan serta dapat menghasilkan satu barang atau produk.

Beni sampaikan jika, program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Perbanas Institute sangat bermanfaat dan membantu program – program pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba.

Kerjasama yang telah dilaksanakan sebelumnya antara lain, Pelatihan Bagi Petugas diantaranya bidang Pelayanan Prima, Presentasi Interaktif menggnakan Power Point, mengenal Literasi Keuangan, editing video, mengenal Fintech.

Disamping itu terang Beni, ada juga pelatihan yang diselengarakan bagi Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba antara lain dalam bidang mempersiapkan mental untuk terjun dalam masyarakat, motivasi dalam membuka usaha baru, mengenal literasi keuangan serta tips dan trik memanfaatkan barang bekas menjadi bernilai

“Saya berharap kerjasama yang telah dilaksanakan terus berjalan sehinga membantu program pembinaan di Lapas, sehingga membawa dampak yang baik bagi Petugas maupun Warga Binaan,” ucapnya

banner 325x300
Penulis: Riika nengsih
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.