Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Pertama Kali Polres Sumedang Ungkap Pengoplosan Gas LPG, Dua Tersangka dan Puluhan Tabung Diamankan

Total views : 184
  • Bagikan

Jakarta,Faamnews.com– Polres Sumedang mengungkap kasus pengoplosan gas LPG di sebuah pangkalan di Dusun Cijolan BBg Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang.

Dalam kasus ini polisi berhasil mengamankan dua orang pelaku yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka masing masing Sukma Nugraha Als SN sebagai pemilik pangkalan LPG 3 Kg Neneng Sarinah dan Agus Saeri Als AS sebagai pegawai.

Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono mengatakan terungkapnya kasus ini diawali dengan laporan masyarakat yang mencurigai adanya kegiatan pengoplosan gas LPG di pangkalan Neneng Sarinah di Dusun Cijolang Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari.

“Atas laporan ini pada hari Kamis,11 Januari 2024 sekitar jam 13.00 Wib Unit II Tipidter Sat Reskrim Polres Sumedang mendatangi lokasi di Dusun Cijolang Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari” jelas Joko Dwi, Senin, (22/1/2024).

Dilokasi lanjut Joko Dwi, Tim menemukan para tersangka sedang melakukan pengoplosan gas LPG ukuran 3 kg yang disubsidi ke ukuran 5,5 kg non subsidi dengan menggunakan alat bantu pipa besi sebagai pemindah gas LPG (suntik).

Dijelaskannya, selanjutnya LPG ukuran 5,5 kg hasil pengoplosan tersebut dijual ke masyarakat dengan harga Rp 90.000 dan atas kejahatan ini tersangka mendapatkan keuntungan Rp. 50.000.

Selain tersangka, Polres Sumedang juga berhasil menyita sejumlah barang bukti diantaranya satu buah timbangan digital, 40 (empat puluh) buah tabung gas Lpg 3 Kg warna hijau dalam keadaan kosong, 20 tabung gas Lpg 5,5 kg warna merah muda dalam keadaan terisi.

Selanjutnya 10 buah alat pemindah gas yang terbuat dari besi berbentuk pipa dengan ukuran panjang 15 cm dan diameter 2cm, 1 buah obeng, 44 buah segel plastik gas LPG3 Kg warna orange PT. Pribadi Mandiri, serta 38 buah karet seal tabung gas LPG 3 Kg warna merah.

Sementara itu Sales Branch Manager Rayon III Bandung PT Pertamina yang membawahi Kabupaten Sumedang Heidy SN mengatakan atas kasus ini maka pangkalan gas LPG Neneng Sarinah di Tanjungsari akan mendapatkan sanksi berupa pemutusan hubungan usaha (PHU).

“Untuk di Sumedang ini merupakan kasus pertama dan tentunya kami mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polres Sumedang yang telah mengungkap kasus ini,”ucap nya.

banner 325x300
Penulis: Riika nengsih
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.