oleh

Pengedar Uang Palsu Pecahan Dolar Di Bekuk Satreskrim

-Hukum-182 views

SURABAYA, faam news com. – Aparat Satreskrim Polrestabes Surabaya menangkap dua pengedar uang palsu (upal), dan barang bukti yang di amankan petugas dalam perkara itu adalah upal pecahan 100 dolar Amerika. Jumlahnya mencapai 15 ribu lembar.

Kasus tersebut atas dasar dari laporan pegawai Bank ke polisi. Dia curiga dengan ciri ke aslian uang yang hendak di setorkan. ’’Dari penyelidikan yang berjalan, kami amankan dua orang. Mereka kemudian di tetapkan sebagai tersangka,” ujar Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Oki Ahadian.

Kedua tersangka adalah I Wayan Widana, 42, dan Sang Made Jamin, 56. Mereka berasal dari Bali. ’’Mereka di tangkap di Surabaya. Mereka sengaja datang ke sini dengan membawa upal yang di sita,” katanya.Oki menjelaskan, para tersangka awalnya mendatangi sebuah rumah di Jalan Penghela.
Dugaan bahwa uang yang di periksa palsu menjadi kenyataan saat di periksakan ke laboratorium forensik (labfor). Oki menyatakan, sekilas tampilan upal itu memang sama dengan aslinya. Namun, kertas yang di pakai berbeda.

Menurut dia, kertas upal yang di sita lebih tipis dari pada aslinya. Beberapa bagiannya juga di ketahui janggal dalam pemeriksaan. Misalnya, tanda air yang terlihat samar.

Menurut Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya,  jajarannya masih mengusut sindikat para tersangka. Dia ingin memastikan asal usul upal tersebut.  ’’Nominalnya sekitar Rp 21 miliar,” pungkas AKBP Oki Ahadian. (Agus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed