Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Pengamanan Kampanye Akbar di Stadion GBK, Polda Metro Terjunkan 3.256 Personel Gabungan

Total views : 153
  • Bagikan

Jakarta,Faamnews.com-Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa untuk melancarkan arus lalu lintas dan pergerakan masyarakat dalam kegiatan kampanye Akbar Capres-Cawapres yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2/2024), petang

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro yang mewakili Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto dalam apel pasukan di Area Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta Pusat, mengatakan bahwa jumlah personel gabungan yang dilibatkan dalam Pengamanan Kampanye akbar berjumlah 3.256 orang terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan Instansi terkait. Pasukan akan di tempatkan di sejumlah titik antara lain di dalam Stadion GBK, area Ring Road, area luar pintu masuk ke kawasan GBK hingga di kantong-kantong Parkir.

“Selain penempatan pasukan di beberapa titik lokasi, Kami juga mengantisipasi apabila terjadinya gesekan antara pendukung saat bertemu dijalanan,”tukas Susatyo.

Lebih lanjut Susatyo menjelaskan, untuk mengurangi kemacetan dan kepadatan arus lalu lintas di kawasan GBK, pengalihan arus lalu lintas akan diberlakukan situasional. Pihaknya akan menerapkan Car Free Day (CFD) terbatas dan rekayasa arus lalu lintas di kawasan GBK.

“Arus lalu lintas di kawasan GBK mulai pukul 14.00 sampai 20.00 WIB, akan diberlakukan Car Free Day bagi peserta kampanye,” lanjutnya.

Ada enam titik lokasi yang ada akan dilakukan rekayasa arus lalu lintas diantaranya, Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi. Kemudian dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda. Sementara yang dari Bundaran Senayan menuju ke Jalan Pintu I Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi. Selanjutnya di Jalan Mustopo menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan ke Jalan Hang Tuah. Sedangkan arus lalu lintas dari Jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar. Dan arus lintas arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Lapangan tembak diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

Susatyo menegaskan, Kepolisian bersama personel gabungan akan selalu siap melakukan Pengamanan semua kegiatan di wilayah Jakarta Pusat, termasuk kegiatan kampanye Akbar ini.

“Kami selalu tekankan kepada seluruh Personel yang terlibat Pengamanan untuk bertindak Persuasif, melayani, humanis dan netral,”tegasnya.

Susatyo juga menghimbau kepada masyarakat yang akan beraktivitas untuk menghindari ruas jalan di sekitar kawasan GBK dan mencari jalur alternatif.

“Kepada masyarakat yang akan ikut serta dalam kampanye akbar untuk bersama-sama menjaga keamanan dan tertib berlalu lintas. Mari kita jaga Persatuan dan Kesatuan dan peratuan bangsa untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan damai,” tutup Susatyo.

banner 325x300
Penulis: Riika nengsih
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.