Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Pemprov Papua Barat Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Mendikbud RI, Ajak Bersatu Padu lanjutkan Transformasi Pendidikan

Total views : 59
  • Bagikan

MANOKWARIfaamnews.com Pemerintah provinsi Papua Barat, menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, tanggal, ( 02/05/2024 ).

Bertindak selaku pembina upacara, Penjabat Gubernur, Drs. H. Ali Baham Temongmere, MTP, dan pemimpin upacara, yakni kepala Satuan Polisi Pamong Praja provinsi Papua Barat, Agustinus Rumbino.

Upacara yang terpusat pada halaman kantor gubernur di Arfai itu, berlangsung dengan proses pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih, melibatkan perwakilan pelajar tingkat SD, SMP, SMA/SMK sederajat se-kabupaten Manokwari.

Pj. Gubernur Ali Baham Temongmere, MTP, dalam membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim, B. A., M.BA, menyampaikan, bahwa sesuai tema sentral, yakni “Serentak bergerak mewujudkan merdeka Belajar”, mengandung makna untuk bersatu padu untuk melanjutkan transformasi pendidikan yang telah digagas melalu gerakan merdeka belajar. Dimana merdeka belajar adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memberikan kemerdekaan kepada guru dan murid dalam belajar dan mengajar.

“Pada kesempatan ini, saya ingin mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan, untuk bersatu padu melajutkan transformasi pendidikan melalui gerakan merdeka belajar,”ucap Pj. Guber ABT, mengutip sambutan tertulis Mendikbud

Dengan berlandaskan makna tersebut, Mendikbud mengajak pemangku kepentingan pendidikan untuk meningkatkan inovasi dan kualitas pembelajaran. Memperluas akses pendidikan agar semua anak Indonesia mendapat kesempatan untuk belajar dan berkembang, memperkuat karakter murid dan menghasilkan generasi penerus bangsa yang tangguh dan berakhlak mulia.

“Merdeka belajar adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memberikan kemerdekaan kepada guru dan murid dalam belajar mengajar. Gerakan ini didasari filosofi Ki Hajar Dewantara, yaitu kemerdekaan belajar, kemerdekaan mengajar dan kemerdekaan mendirikan sekolah,”ujar Pj. Gubernur ABT.

Lanjut masih mengutip sambutan tertulis
Mendikbud, Pj. Gubernur menyampaikan bahwa mekipun telah banyak mengalami kemajuan yang dicapai, namun masih banyak tantangan dalam mewujudkan kualitas pendidikan. Hal ini guna memastikan seluruh anak Indonesia memperoleh akses pendidikan yang berkualitas.

“Kita harus terus bekerja sama untuk memastikan bahwa semua anak Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas tanpa terkecuali,” ungkap Pj. Gubernur ABT.

Hadir dalam upacara tersebut, para pimpinan OPD lingkup pemprov Papua Barat, para pejabat eselon II, Ill dan IV, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda ) serta para perwakilan kepala sekolah, pemerhati pendidikan dan tamu undangan lainnya.

Upacara itu pun terlaksana dengan sukses.Di kesempatan itu, para pejabat di lingkup pemprov Papua Barat dan Forkopimda Papua Barat, disuguhkan dengan berbagai atraksi pelajar, baik mersimband, tarian adat, berbagai olah raga bela diri termasuk puisi.

(Amatus.Rahakbauw.K).

banner 325x300
Penulis: Amatus.Rahakbauw.K
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.