Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Pemkab Bangkalan Imbau Kades Fokuskan Alokasi Dana Desa ke Tiga Sektor

Total views : 153
  • Bagikan

BANGKALANfaamnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan memberikan perhatian kepada para Kepala Desa (Kades) untuk memperioritaskan Dana Desa (DD) tahun 2024 pada tiga alokasi yakni Bantuan Langsung Tunai (BLT), ketahanan pangan, dan biaya operasional perangkat.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangkalan Rudiyanto. Ia mengatakan bahwa ada tiga Prioritas Dana Desa (DD) tahun 2024 yang harus dialokasikan oleh Kepala Desa.

“Ketiga prioritas yakni Bantuan Langsung Tunai (BLT), ketahanan pangan, dan biaya operasional perangkat,” ujarnya.

Menurutnya, tiga prioritas itu tertuang dalam Permendesa Nomor 13 tahun 2023 tentang petunjuk Penggunaan Dana Desa Tahun 2024. Dimana, dalam aturan tersebut sudah ditentukan besaran dan presentasenya.

“Seperti BLT maksimal 25 persen, ketahanan pangan dan hewani 20 persen dan biaya operasional perangkat maksimal 3 persen,” ungkap Rudi, Senin (08/01/2024).

Selain tiga prioritas tersebut, sambung ada juga penanganan stunting dan alokasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang menjadi perhatian pemerintah pusat dalam penggunaan Dana Desa.

“Untuk stunting dan BUMDes tidak ada besaran presentase, yang jelas perlu dialokasikan juga melalui DD,” ujar dia.

Prioritas DD tahun 2024 ini, menurutnya tak jauh beda dengan sebelumnya. Namun demikian Pemerintah harus tetap mensosialisasikan kepada pemerintah desa.

“Kami akan segera sosialisasikan prioritas DD tahun 2024 ke desa-desa melalui Camat masing-masing,” pungkasnya.

banner 325x300
Penulis: Biro bangkalan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.