oleh

Pemkab Bangkalan Alokasikan Dana 18 Miliar Untuk Perbaikan Sekolah

BANGKALAN,faamnews.com,- Pada awal Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, menganggarkan Rp 18 miliar untuk perbaikan gedung SD dan SMP dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Anggaran tersebut rencananya akan dialokasikan untuk 41 sekolah. Yaitu, Sekolah Dasar sebanyak 36 dan Sekolah Menengah Pertama sebanyak 5 sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika, Senin (01/02/2021).

Untuk melaksanakan perbaikan tersebut, masing-masing sekolah diwajibkan mengusulkan Anggaran pada DAK melalui aplikasi krisna, dan Dapodik, untuk diverifikasi oleh kementerian pusat.

“Kami tidak bisa mengkondisikan. Sebab, penerima itu tergantung operator di sana,” terangnya.

Usulan perbaikan gedung sekolah hanya bisa dilakukan melalui dua aplikasi, baik memalui krisna maupun dapodik. Jika usulan tersebut sudah masuk semua, maka nanti yang akan menentukan adalah tim verifikasi dari Kementerian.

Pihaknya juga menjelaskan, “kerusakan yang akan difasilitasi dari anggaran DAK tersebut, jika kerusakannya maksimal 65 persen. Jika lebih dari itu maka DAK tidak bisa memfasilitasi,” tegasnya.

Sementara, pelaksanaan perbaikan sekolah di tahun 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya. Dikarwnakan tahun ini harus melalui kontrak.

“Adapun cara pencairannya tergantung CV-nya. Boleh dibagi tiga atau di akhir. Namun apabila dibayarkan di awal, maka tidak boleh,” pungkasnya.
(M. Hori)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed