Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Pemprov Papua Barat Daya mengucurkan anggaran sebesar Rp 66 miliar untuk pembangunan dan renovasi terminal tipe B

Total views : 712
  • Bagikan

Sorong,Faamnews.com– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat Daya mengucurkan anggaran sebesar Rp 66 miliar untuk pembangunan dan renovasi terminal tipe B. Terminal tersebut berada di Kota Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, dan Kabupaten Tambrauw.

“Kami ada kerjakan ini pekerjaan lanjutan dari Provinsi Papua Barat. Itu terminal tipe B di 3 tempat, Kabupaten Tambrauw, Kabupaten Sorong Selatan, dan Kota Sorong,” kata Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat Daya Viktor F. Salossa kepada wartawan, Rabu (13/3/2024).

Viktor mengatakan tiga terminal ini masing-masing mendapatkan kuncuran dana yang berbeda sesuai peruntukkan. Kota Sorong mendapatkan Rp 29 miliar, Kabupaten Tambrauw Rp 29 miliar, dan Kabupaten Sorong Selatan Rp 7,8 miliar.

“Di Kota Sorong strukturnya bangun baru kemudian di Sorong Selatan pekerjaan lanjutan dalam artian bangunan yang ada kita lanjut seperti bangun jalur kedatangan atau keberangkatan dan Tambrauw di sana kita selesaikan fasilitas keberangkatan dan kedatangan, bangun kantor, pos jaga, dan cor akses jalan masuk,” paparnya.

Viktor mengungkap progres pembangunan terminal di Kabupaten Tambrauw sudah mencapai 95 persen dan Kabupaten Sorong Selatan 97 persen. Sementara Kota Sorong baru 67 persen karena menggunakan struktur beton di atas lahan seluas 1,5 hektare

“Untuk progres pekerjaan untuk Kota Sorong karena dari awal dan ada pekerjaan struktur yakni beton sehingga agak lambat di mana baru 67 persen tapi material sudah siap semua. Sorong Selatan perkembangannya sudah 97 persen tinggal rapikan di luar saja, dan di Tambrauw sudah 95 persen. Kami harapkan di bulan April 2024 pembangunan fisik sudah selesai,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, terminal tipe B di Kota Sorong sudah dibangun gedung uji kelayakan kendaraan, jalur kedatangan, jalur keberangkatan, serta tempat tunggu penumpang. Selain itu, pihaknya sedang membangun kantor terminal.

“Di sini sudah ada bangunan uji kendaraan, peron kedatangan, peron keberangkatan dan kantor dua lantai luasnya 1.200 meter persegi. Pembangunan terminal ini terus dilakukan karena ini pemerintah dimana semua diawali dengan perencanaan dulu kemudian pelaksanaan, evaluasi atau pelaporan,” tutupnya.

banner 325x300
Penulis: Riika nengsih Editor: Amatus Rahakbauw (Kabiro papua )
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.