Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Mengaku Bisa Urus Ijin Usaha, Oknum Wartawan Diduga Tipu Pengusaha Asal Purwosari

Total views : 438
  • Bagikan

PASURUAN, faamnews.com- Seorang pengusaha berinisial SY (48) asal Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan jadi korban dugaan penipuan yang diduga dilakukan oleh salah satu oknum yang mengaku sebagai wartawan.

Kejadian naas yang dialami oleh SY sendiri bermula saat oknum yang mengaku sebagai wartawan tersebut berkunjung ke cafe tempat usaha SY yang berada di Sengon Kecamatan Purwosari.

Berdalih bisa urus ijin usaha cafe yang dimiliki oleh SY, oknum wartawan yang berinisial ARF tersebut mulai melakukan aksi akal bulusnya dengan mengaku bisa mengurus ijin usaha mulai dari tingkat Kabupaten hingga Provinsi.

Aksi tipu-tipu akal bulus yang dilakukan oleh oknum wartawan tersebut tampaknya membuahkan hasil, SY yang terlena dan terhanyut oleh janji manis oknum wartawan berinisial ARF tersebut akhirnya menyetujui dengan tarif biaya yang sudah disepakati untuk keperluan kepengurusan ijin usaha cafe yang dimilikinya.

Pada awak media, SY menuturkan bahwa awal tragedi perkenalan dirinya dengan oknum yang mengaku wartawan tersebut saat ARF sering berkunjung ke cafe yang dimilikinya sekira bulan Juni 2023.

“Dia menjanjikan bisa urus semua dokumen perijinan untuk tempat usaha cafe yang saya miliki mulai tingkat Kabupaten hingga sampai ke Provinsi, dengan kesepakatan biaya yang sudah ditentukan oleh dia,” ujar SY.

“Sudah saya bayar lunas semuanya, bahkan beberapa kali dia (oknum wartawan ARF) minta uang lagi untuk tambahan ini dan itu.”

“Setelah berjalan beberapa bulan, sempat saya tanyakan surat ijinnya. Katanya sudah selesai tapi belum bisa ngasihkan dengan dalih masih repot di luar kota,” lanjut SY.

Bahkan sempat pernah saya tawarkan untuk saya saja yang merapat ke rumahnya yang beralamat di Desa Pakijangan Kecamatan Wonorejo guna ambil surat ijin tersebut, tapi dia selalu berkelit dengan berbagai alasan.

Lebih lanjut, korban SY juga menuturkan bahwa akibat kejadian tersebut dirinya mengaku rugi jutaan rupiah. Karena hingga saat ini tidak ada kabar kejelasan dan merasa ditipu oleh oknum wartawan yang berinisial ARF tersebut, dirinya sudah buat surat laporan/aduan ke Polsek Purwosari agar segera ditindaklanjuti.

“Kemarin pada tanggal 24 Januari 2024, saya sudah ke Polsek Purwosari untuk buat laporan/aduan terkait apa yang saya alami,” imbuh korban SY.

Sementara itu, Kapolsek Purwosari Hudi Supriyanto saat dikonfirmasi awak media perihal adanya laporan/aduan dugaan penipuan yang dialami oleh korban berinisial SY tersebut dirinya membenarkannya.

“Iya memang benar ada laporan tersebut, untuk sementara waktu masih kita pelajari,” ujar Kapolsek Hudi.

“Segera kita panggil terlapor untuk dimintai keterangan/klarifikasi perihal hal tersebut,” pungkasnya. (por/red)

banner 325x300
Penulis: Por/red
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.