Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

MAKAR Bongkar Program Dana Milyaran “Kopi” Pasuruan Ke Kejaksaan Negeri

Total views : 12,908
  • Bagikan

PASURUAN, faamnews.com- Aliansi yang tergabung dalam Majelis Anti Korupsi Anggaran Rakyat (MAKAR), dari berbagai lintas LSM/NGO yang ada di Kabupaten Pasuruan mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan guna melaporkan dugaan adanya penyimpangan dalam program kopi yang di inisiasi oleh Pemkab Pasuruan.

Kedatangan MAKAR yang dikomandoi Direktur PUS@KA Lujeng Sudarto ke kantor Kejaksaan guna melaporkan dugaan korupsi terhadap dana bantuan hibah yang diberikan oleh Dinas Pertanian dan Dinas Perindustrian Perdagangan Kabupaten Pasuruan ke Kejaksaan Negeri pada Hari Rabu (13/03/24).

Lujeng menjelaskan, laporan dugaan korupsi anggaran hibah yang diberikan oleh 2 dinas di Kabupaten pasuruan ini sudah menyalahi aturan Permendagri, dimana satu kelompok petani kopi setiap tahunnya mendapatkan hibah dengan berbagai macam kebutuhan.

“MAKAR mencium adanya tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Dinas terkait akan bantuan hibah yang selama ini diberikan, bahkan tahun ini masih mendapatkan hibah.”

“Sudah menyalahi Permendagri yang diberikan oleh dinas-dinas tersebut, dimana setiap tahunnya mendapatkan hibah untuk kegiatan dan kebutuhan kelompok petani kopi tertentu,” beber Lujeng.

Lebih lanjut, Lujeng juga menyampaikan bahwa masih banyak kelompok petani kopi lainnya yang lebih produktif, namun tidak pernah menerima bantuan dari Pemerintah Daerah.

“Perlu diketahui juga bahwa tahun 2024 ini masih dianggarkan (bantuan peralatan kopi) pada kelompok tani kurang produktif.”

“MAKAR sudah melampirkan 5 bandel berkas untuk bukti atas dasar laporan nya, selanjutnya kita serahkan penanganannya kepada Kejaksaan.”

Sementara itu, Kasi Intel Kejaksaan Negeri kabupaten Pasuruan Agung Tri Radityo pada awak media menyampaikan bahwa laporan yang diterimanya ini akan kita sampaikan kepada pimpinan terlebih dahulu, selanjutnya dipelajari apa isi dari laporan yang masuk dari teman-teman LSM/NGO.

“Hari ini baru kita terima laporan dari teman-teman aktifis dan akan kami laporkan ke pimpinan. Tentunya sebelum melangkah kami akan mempelajari dan menelaah laporan dari teman-teman ini,” ujar Agung Tri Radityo. (por/red)

banner 325x300
Penulis: Por/red
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.