Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

KPK  Menggeledah Rumah Said Amin Pengusaha Tambang Batu Bara di Samarinda Kalimantan Timur

Total views : 333
  • Bagikan

PONTIANAK, KALBAR, – faamnews.com – Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan penggeledahan pada Kamis, 6 Juni 2024, berkaitan dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat eks Bupati Kutai Kertanegara Rita Widyasari.

 

“Iya ,ada penggeledahan di rumah Said Amin” , red. Kemarin, ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, 7 Juni 2024.

Alexander Marwata menyebut penyidik tidak pulang dengan tangan kosong Katanya, ada mobil yang disita dari upaya paksa itu.

“Ada belasan mobil yang disita”, tegasnya tanpa merinci jumlah yang pasti.

Diberitakan sebelumnya,KPK telah menyita 91 kendaraan bermotor yang terdiri dari mobil dan motor dengan berbagai merek di antaranya Lamborghini hingga McLaren. Selain itu ada juga jam tangan mewah mulai dari Rolex hingga Hublot.

Rita Widyasari, eks Bupati Kutai kertanegara ditetapkan sebagai tersangka bersama Komisaris PT Media Bangun Bersama, Khairudin pada 16 Januari 2018. Keduanya diduga melakukan pencucianuang dari hasil gratifikasi proyek dan perizinan di Pemprov Kutai Kertanegara senilai Rp436 miliar.

Rita saat ini menjadi penghuni Lapas Perempuan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Ia harus menjalani hukuman 10 tahun penjara yang dijatuhkan Pengadilan Tipikor Jakarta pada 6 Juli 2018.

Dalam kasus ini dia terbukti menerima gratifikasi sebesar Rp110,7 miliar dan suap hingga Rp6 miliar dari para pemohon izin dan rekanan proyek.

Rumah mewah milik pengusaha batu bara di Jalan KS Tubun yang sempat diperiksa KPK beberapa waktu lalu,Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali bertandang ke Samarinda, Kamis (6/6/2024). Di Kota Tepian, komisi antirasuah kembali menggeledah rumah salah satu pengusaha batu bara yang ada di Kawasan Pahlawan, Dadi Mulya, Samarinda Ulu.

Dari pantauan Awak media dilapangan, sekitar Pukul 16.00 Wita, beberapa mobil multi purpose vehicle (MPV) keluar masuk dari rumah bergerbang dengan kelir merah bata dengan teralis berwarna emas itu. Bahkan ada mobil patwal kepolisian yang sempat memasuki rumah.
Informasi yang beredar di lapangan, penggeledahan itu masih berkaitan langkah KPK yang menyisir harta benda dari kasus dugaan gratifikasi dan pencucian uang yang menyeret bekas Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari. Namun belum ada rilis resmi dari KPK terkait kegiatan itu hingga berita ini ditayangkan.

Sebelumnya, akhir Mei 2024, KPK sempat menggeledah dua rumah pengusaha batu bara Samarinda di Jalan KS Tubun dan Perumahan Citraland di Jalan DI Panjaitan. Dari gerak senyap itu ada sembilan mobil mewah yang disita karena disinyalir berasal dari hasil pencucian uang Rita Widyasari.

edi (tim famnews)

banner 325x300
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.