Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Kedatangan Para Pejabat Mojokerto di HPN 2024, Merupakan Wujud Terjalin Sinergitas Bersama KJJT*

Total views : 545
  • Bagikan

MOJOKERTOfaamnews.com –  Beberapa pejabat dari institusi TNI Polri di Mojokerto menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang di gelar oleh Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT), di Jalan Kemiri, Pacet, Kabupaten Mojokerto, Rabu (28/02/2024).

Tampak dari pantauan team publikasi KJJT, pemegang tongkat komando Mapolres Mojokerto Kota AKBP Daniel S Marunduri, S.I.K., M.H. beserta Humas. Dandenpom V/2 diwakili Wadan Denpom Mayor CPM Akbar. Sejumlah anggota penerangan Kodim 0815, mewakili Dandim 0815 Mojokerto.

Diruang tamu Vila SB-2 yang terlihat cukup mewah Master of Ceremony (MC) Isma Hakim, diawali sambutan oleh Ketua Umum (Ketum) KJJT Ade.S Maulana, dalam sambutannya, ia mengucapkan terimakasih kepada para pejabat yang turut hadir, menurutnya wujud dan bentuk sinergitas jurnalis yang tergabung di KJJT.

“Terimakasih yang saya hormati, Kapolres Mojokerto Kota, Dandenpom V/2, Kodim 0815 Mojokerto, Kapolres Pasuruan, Dirkrimsus Polda Jatim, Satlantas Polrestabes Surabaya, Polres Tanjung Perak Surabaya, Sub Denpom V/4-2 Gresik, Apollo Gadget Store Surabaya, Satnarkoba Polrestabes Surabaya serta pejabat lainnya dan pihak-pihak swasta yang sudah memberi ucapan Selamat Hari Pers Nasional 2024 kepada KJJT.” Terang Ade.

Suatu kehormatan besar bagi kami KJJT. Menurut Ade, kehadirannya merupakan bentuk kemitraan dan kerjasama yang baik terhadap rekan jurnalis. Selain itu Sinergitas kepada KJJT juga terbukti,” ujarnya dengan dibarengi tepuk tangan dari 100 jurnalis yang hadir.

Sambung Ade, sapaan akrab ketum kjjt, ia meminta tolong kepada sebagian pejabat yang hadir, untuk secara simbolis memberikan hadiah yang sudah dipersiapkan berupa 2 unit handphone dan doorprice lainya kepada anggota yang memiliki karya tulis terbaik.

“Serta jurnalis yang aktif dalam program diskusi versi KJJT, Dosen Universitas Surabaya sebagai penilai.” Katanya.

Sementara usai sambutan oleh Ketua Umum KJJT, dilanjutkan pesan dan kesan kepada pejabat yang hadir. Acara inti itu kurang lebih 3 Jam, dengan ditutup Do’a dan dilanjutkan ramah tamah dengan menyajikan menu makanan prasmanan yang telah disiapkan (tanpa tumpeng).

Pemberian hadiah berupa 2 unit handphone itu, jatuh pada dua jurnalis KJJT wilayah Jombang, dengan katagori karya tulis terbaik atas nama Ditha Asih Aprillia media online dan Krisna Hari Sukemi dari TVRI kontributor Jombang.

Dalam doorstop-nya, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Daniel S. Marunduri saat ‘diserbu’ wartawan mengucapkan selamat kepada rekan-rekan, serta memberikan apresiasi kepada KJJT, ia pun berharap ke depan akan lebih baik dan bertambahnya KJJT di setiap wilayah hingga daerah-daerah.

“Selamat memperingati Hari Pers Nasional 2024. Semoga KJJT semakin sukses ke depannya, dan jurnalis tetap semangat untuk mengikuti program pendidikan jurnalistik yang diadakan KJJT,” ujar Daniel saat mengawali wawancara secara Doorstop.

Lanjut kata Daniel, untuk pemberitaan ia berharap semakin baik dan profesional, mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang positif, dan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat luas.

“Harapan kami, KJJT memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya Mojokerto, Jawa Timur. Berita yang berimbang disajikan ke khalayak publik,” pungkas mantan Kasatresnarkoba Polrestabes Surabaya itu.

Ditambahkan oleh Wakil Komandan Denpom V/2, Mojokerto Mayor Cpm Akbar, moment tersebut menjalin silaturahmi serta kerjasama dalam hal pemberitaan.

“Kami sangat butuh jurnalis untuk mempublikasi kegiatan yang dilakukan Polisi Militer Angkatan Darat (AD) Mojokerto, oleh karena itu kita perlu bekerja sama,” terang singkatnya

Perlu diketahui agenda tahunan itu, dihadiri ratusan anggota KJJT dari berbagai daerah, antara lain, Sampang, pamekasan, Pasuruan, Banyuwangi, Jombang, Mojokerto, Magetan, Madiun, Gresik, Malang, Sidoarjo dan Surabaya.

Acara yang dimulai pada Selasa, 27 Februari 2024 itu, juga menghadirkan Narasumber Praktisi Hukum Dosen Yos Soedarso Iskandar Laka, SH. MH. Tak hanya itu senior wartawan era 80an pun turut dihadirkan seperti Mantan wartawan Surabaya Post Darmantoko, Mantan Memorandum Supriadi, Noer Arief dan Isma Hakim Rahmat.

Sebelum acara inti, Dosen/guru pembimbing KJJT memberikan ilmu kejurnalistikan, mulai dari pengumpulan bahan berita, pelaporan peristiwa, penulisan berita, dan cara menyunting berita agar nantinya menjadi penyajian berita yang benar.

Malam diskusipun juga dilakukan mulai pukul 20.00 WIB sampai dengan 00.00 WIB, pembahasan terkait masalah-masalah etika seorang jurnalis hingga sengketa pers. Moderator Iskandar Laka menguraikan hingga beberapa materi yang disajikan terkait UU Pers No. 40 Tahun 1999, yang merupakan undang-undang lex specialis itu.

banner 325x300
Penulis: Roni
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.