oleh

Ketua Perda Bangkalan Kecamatan Geger Anggap Penggunaan Dana Bos SDN Kombangan 02 Tidak Maksimal

BANGKALAN, faam news.com  – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengalokasikan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp 52,5 triliun.

Adapun dana itu diperuntukkan 216.662 satuan pendidikan (sekolah) mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, serta SLB di Indonesia tahun 2021.

Kebijakan anggaran ini merupakan kelanjutan dari Merdeka Belajar episode 3 tahun lalu, yang didukung Kemenkeu dan Kemendagri untuk meningkatkan kualitas mekanisme penyaluran dan penggunaan dana BOS langsung ke rekening sekolah.

Melansir akun Instagram Kemendikbud, Kamis (25/2/2021), berikut ini penjelasan dari Dana BOS 2021.

1. Nilainya bervariasi sesuai karakteristik daerah.

2. Penggunaannya fleksibel, bisa untuk persiapan pembelajaran tatap muka.

3. Pelaporannya dilakukan secara daring.

Dengan mengacu kepada informasi data diatas Hermansyah S.Pd sebagai Ketua Perkumpulan Pemuda Bangkalan Kec.Geger menganggap Banyak Sekolah Dasar (SD) di Lingkungannya yang belum mampu memaksimalkan kreasi dalam menerapkan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) sesuai kebutuhan. (Jum’at, 27 Agustus 2021)

Herman mengatakan Dana Bos yang sudah terserap oleh UPTD SDN Kombangan 02 tahun ini (2021) berkisar Rp. 140-jutaan dengan dua kali tahap namun belum ada inovasi yang signifikan.

“Sekarang SDN Kombangan 02 udah menyerap Dana Bos kurang lebih Rp. 140-juataan tapi kita bisa liat dengan kasat mata tidak ada bentuk fisik apapun masak iya itu diabuat beli kuota internet smua sudah dua tahap lho yang pertama hampir 60jt yang ke dua hampir 80jt misal buat guru honorer paling banyak ada 6 guru honorernya intinya Kepala sekolah sebagai pimpinan dalam lembaga SD tersebut tidak mampu memaksimalkan serapan anggaran”ucap Herman.

Terpisah Kepala SDN Kombangan 02 berdalih smua kegiatannya sudah sesuai dengan RKAS penggunaan Dana bos di sekolah yang dipimpinnya untuk pemeliharaan Gedung (fisik)

“Slamat pagi, maaf ya saya menggunakan dana BOS sesuai dg RKAS.🙏🏾🙏🏾🙏🏾, Untuk fisik sekolah ada.Perbaikan atap sebelah utara,perbaikan ruang barat,pengacatan.Selanjutnya akan menambahan WC. saat di konfirmasi awak media lewat WhatsApp.(Jum’at, 27 Agustus 2021)

Seolah lebih berwenah komite dalam pengunaan anggaran Dana Bos Saat ditanya lebih lanjut kepala sekolah SD Kombangan 02 ini malah mengarahkan tuk tanya ke komite,

“Iya.Kalau kurang jelas bisa langsung tanya k Komite.Pak Madeli barat sekolah. Krn semua pengelolaan dan pelaporan semua d ketahui oleh Ketua Komite” ucapnya lewat WA.

Lanjut kepala SD ini Sempat menerangkan jumlah Guru Honorer tapi enggan menjawab saat ditanya berapa Gaji Honorer tiap bulan.

“ada 6” tambah nya dan tidak menghiraukan kelanjutan pertanyaan dari para media.

(Mas Ian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed