Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Karutan Jakarta Pusat : Kegiatan Pelatihan Keamanan Pangan Tingkatkan Kompetensi Penyelenggara Makanan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta

Total views : 5,504
  • Bagikan

Jakarta,Faamnews.com-Rutan Kelas I Jakarta Pusat Menyelenggarakan Pelatihan Keamanan Pangan bagi Tenaga Pengolah Makanan di UPT Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Kegiatan yang bertajuk “Pemberdayaan Tenaga Pengolah Makanan Dalam Pengelolaan Hygiene Sanitasi Makanan” berlangsung di Ruang Kunjungan Rutan Kelas I Jakarta Pusat dan diikuti oleh Petugas Dapur UPT Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Kegiatan ini juga merupakan kolaborasi antara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rutan Kelas I Jakarta Pusat dan Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta II.

Kegiatan Pelatihan Keamanan Pangan ini dihadiri langsung oleh Koordinator Kebutuhan Dasar dan Kesehatan Lingkungan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Surakmat, Kepala Subbidang Pelayanan Tahanan,Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Alita Anzani, dan Tim Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta II.

Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat Fauzi Harahap dalam sambutan mengucapkan terimakasih kepada Tim Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Jakarta II yang telah menjalin kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam penyelenggaraan kegiatan pelatihan bagi para ‘Pejuang Dapur’.

“Semoga dengan terlaksananya kegiatan pelatihan keamanan pangan dapat meningkatkan kompetensi penyelenggara makanan di wilyah Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta,” tutur Fauzi.

Sebelum pemaparan materi pelatihan, para peserta pelatihan yang merupakan Penjamah Makanan atau ‘Pejuang Dapur’ ini diwajibkan untuk mengisi Pre Test terkait Hygiene Penyelenggara Makanan di UPT Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Setelah itu,

Tim Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta II memberikan pemaparan terkait Penerapan Enam Prinsip Hygiene Sanitasi Makanan, Kualitas Dapur, serta Kualitas Bakteriologi Air, Makanan dan Kebersihan Penjamah.

“Seorang Penjamah Makanan harus mengetahui bagaimana mempersiapkan bahan makanan hingga menyajikan makanan dan memperhatikan kebersihan dari alat memasak dan bahan-bahan yang diolah supaya nantinya makanan tersebut dapat bermanfaat bagi tubuh,” terang Dosen Ilmu Gizi Poltekkes Kemenkes Jakarta II, Didit Damayanti

Kegiatan Pelatihan Keamanan Pangan bagi Tenaga Pengolah Makanan di UPT Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta ditutup dengan pengisian Post Test para peserta pelatihan dan juga pembagian doorprize.

banner 325x300
Penulis: Riika nengsih
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.