Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Hari Ini Ribuan Personel Gabungan Lakukan Pengamanan Debat Capres dan Cawapres Perdana di KPU

Total views : 266
  • Bagikan

Jakarta,Faamnews.com- Polri akan menerjunkan tim gabungan sebanyak 2120 personel untuk melakukan pengamanan pelaksanaan debat capres dan cawapres yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Debat paslon Capres-Cawapres akan diadakan sebanyak 5 kali, yang dimulai perdana pada (12/12/2023) dengan tema Pemerintahan, Hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro., mengatakan untuk jumlah personil gabungan yang akan melakukan Pengamanan pelaksanaan debat perdana Calon Presiden berjumlah 2120 personel. Pengamanan gabungan terdiri dari TNI, Polri dan Instansi terkait.

Pihaknya juga, kata Susatyo telah melakukan pemetaan untuk pengamanan dan penempatan Anggota di Ring satu hingga kegiatan di Ring luar KPU. KPU sudah membuat tata tertib bagi para pendukung Paslon, diantaranya jumlah pendukung dibatasi, hanya undangan yang bisa masuk dan tidak boleh membawa alat peraga kampanye, kecuali pakaian yang melekat ditubuh.

“Untuk jumlah dari pendukung Paslon juga sudah dibatasi, berapa orang, berapa orang, tata tertib sudah diatur KPU, kita tinggal melaksanakan teknis Pengamanannya,” tukasnya.

Kemudian, jalan-jalan di sekitar lokasi debat atau di depan KPU akan dilakukan sterilisasi atau rekayasa jalan, sehingga arus lalu lintas di lokasi acara diharapkan lancar. “Pukul 16.00 WIB sudah kita sterilkan dari sore,” tuturnya.

Namun, dijelaskan bahwa sterilisasi kawasan Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat akan dilakukan sejak Selasa (12/12/2023) pukul 16.00 WIB atau beberapa jam jelang debat perdana dimulai.

“Kegiatan Debat ini salah satu dari Tahapan Pemilu sehingga harus kami Amankan agar kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. Dalam pelaksanaan Pengamanan, kami tekankan kepada seluruh Anggota agar dilaksanakan dengan Humanis,”tegasnya

Pada kesempatan ini? ia menghimbau kepada warga masyarakat yang akan melintas di sekitar KPU RI sore nanti untuk mencari jalan alternatif lain dikarenakan adanya rekayasa lalu lintas di sekitaran KPU

“Kami juga menghimbau kepada simpatisan dan para pendukung Paslon yang akan mengikuti prosesi debat calon presiden (Capres) untuk bersama – sama menjaga keamanan dan ketertiban. Kami akan jaga dan kawal sepenuhnya”, tutup Susatyo.

banner 325x300
Penulis: Riika nengsih
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.