Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Hadir Ditengah Masyarakat, Kemensos Berikan Layanan Bagi 28 ODGJ di Kecamatan Umalulu

Total views : 83
  • Bagikan

Sumba Timur,Faamnews.com-Negara hadir melalui Kementerian Sosial memberikan layanan pemeriksaan kesehatan bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), salah satunya di Puskesmas Melolo Kec. Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Diagnosis sesorang menjadi ODGJ bermacam-macam tidak satu faktor, sebagian ada epilepsi yang tidak tertangani, skizofrenia dan retardasi mental, bahkan ada yang dobel,” ujar dr Albert Augustinus Maramis didampingi tim perawat dari Puskesmas Melolo dan Sentra Dharmaguna Bengkulu, Rabu (1/5/2024).

Dalam proses pengobatan ODGJ, kata dr Albert, masalah pengetahuan pasien dan keluarga yang harus ditambah dan tentunya pelayanan Kesehatan begitu penting.

“Layanan Kesehatan di sini baru dimulai pada 2019, sehingga sebelumnya tidak ada layanan terhadap ODGJ. Juga, faktor obat juga penting agar tersedia secara terus menerus untuk keberlangsungan pengobatan,” ungkap dokter kesehatan jiwa (psikiater) dari Surabaya itu.

Juga ada dukungan ekonomi keluarga dan pekerjaan. Untuk tingkat kesembuhan pasien ODGJ ada faktor lain yaitu seberapa cepat gejala awal ditangani secara medis di mana hal iltu berpengaruh pada tingkat kesembuhan para ODGJ.

Puskesmas Melolo memberikan pengobatan bagi 28 pasien ODGJ dan melayani agar cepat sembuh serta tidak kambuh lagi. Dalam proses pengobatan dipengaruhi peran keluarga selain tetap rutin minum obat.

“Kami memberikan fasilitasi layanan dan obat. Namun, peran keluarga sangat penting karena selalu barada dekat dengan ODGJ,” ungkap Yusnidar penanggungjawab ODGJ Puskesmas Melolo Kec Umalulu.

banner 325x300
Penulis: Riika Nengsih
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.