oleh

Gubernur Jawa Timur Tinjau Puluhan Ikan Paus Yang Terdampar di Pantai Modug Bangkalan.

Bangkalan, faamnews.com – Peristiwa fenomenal terjadi di desa Patereman perairan Pantai Modung, Kabupaten Bangkalan, Madura. Puluhan ikan paus jenis tombak ditemukan terdampar di pantai sejak kamis (18/02/2021). Tiga paus yang selamat dikembalikan ke tengah laut.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menuju ke lokasi dan melihat kondisi terkini dan berusaha menyelamatkan puluhan ikan paus tombak yang terdampar di perairan Pantai Modung Bangkalan.

“Operasi penyelamatan paus terdampar yang masih hidup dari perairan di Pantai Modung Bangkalan Madura ke perairan yang lebih dalam,” ujar Khofifah Gubernur Jawa Timur (19/2/2021).

“Saya sedang minta dikirim dua ekskavator di sini. Tapi proses penguburannya menunggu air surut. Yang penting ekskavator ke sini dulu. Nanti dikoordinasikan oleh perangkat kecamatan, desa setempat,” terangnya

“Upaya pengembalian ke habitat mereka sudah dimulai sejak kemarin,” tuturnya.

“Saya rasa kita menunggu dari awal, ada beberapa relawan yang katanya sejak kemarin ikut mendorong ke laut. Tapi paus yang didorong ke laut ada yang kembali ke sini, mencari induknya, ternyata induknya sudah mati. Jadi paus ini kalau dilepas harus bareng-bareng. Ikan ini punya napas kebersamaan, harus bersama-sama. Yang masih hidup ada sekitar 3 dan baru saja dilepas,” bebernya.

Sementara itu, menurut Kapolsek Modung AKP Suwaji, ada 49 paus terdampar. Dari jumlah itu, 3 masih hidup dan dikembalikan ke tengah laut. Sementara 46 paus lainnya mati.

“Semoga kejadian seperti ini dapat terantisipasi lebih baik lagi ke depannya,” pungkas gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu.

(M. Hori)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed