Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Gawat..!! Ketua Bawaslu Himbau ASN Peserta Rakor “Terselubung” Kooperatif

Total views : 544
  • Bagikan

PASURUAN, faamnews.com- Dugaan adanya ketidaknetralan ASN dilingkungan Pemkab Pasuruan terus menggelinding jadi isu hangat di kalangan publik, aktivis hingga NGO di Kabupaten Pasuruan.

Setelah ramai jadi sorotan, Bawaslu Kabupaten Pasuruan perlahan tapi pasti menelusuri serta mengungkap adanya informasi yang berkembang terkait adanya dugaan tidak netralnya ASN dilingkungan Pemkab Pasuruan yang diduga sengaja menjadikan rakor Dispendik jadi ajang dugaan adanya kampanye terselubung.

Terbaru, Bawaslu Kabupaten Pasuruan melalui pimpinannya Arie Yoenianto pada awak media menyampaikan bahwa investigasi sudah dilakukan terkait dugaan adanya ASN di lingkungan Pemkab Pasuruan yang tidak netral dengan adanya Kegiatan yang di kemas Rakor yang di hadiri oleh salah satu oknum Caleg.

Arie Yoenianto memaparkan bahwa hingga saat ini lembaga yang dipimpinnya tetap on the track untuk mengusut kegiatan tersebut dan sudah mengantongi beberap bukti adanya kehadiran oknum Caleg tersebut serta sudah mengamankan Barang Bukti (BB) bingkisan yang diduga kuat pemberian dari oknum Caleg itu sendiri.

“Beberapa bukti sudah kita kantongi termasuk bingkisan dari oknum Caleg yang hadir dalam kegiatan rakor dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Pasuruan yang di selenggarakan di tempat wisata Saygon Purwosari tersebut.”

Terungkap juga bahwa dari keterangan salah satu peserta rakor adanya pesan-pesan khusus dalam pertemuan itu. Intinya mengarah pada pengerahan dukungan politik.

Lebih lanjut, Arie juga menyampaikan bahwa jajarannya di tingkat kecamatan sudah bergerak serentak sejak adanya informasi tersebut. Dari hasil investigasi ada dugaan indikasi pengerahan dukungan dari ASN di lingkungan Pemkab Pasuruan yang dikemas dalam kegiatan dinas (Rakor) kepada salah satu oknum Caleg.

“Kita sudah mengklarifikasi sejumlah ASN yang mengikuti pertemuan tersebut. Sejauh ini, Bawaslu juga sudah mengamankan sembako caleg yang dibagi-bagikan kepada para peserta Rakor. Panwascam bahkan sudah mendokumentasikan ketika caleg tersebut keluar ruangan,” papar Arie.

Arie pada awak media juga menghimbau kepada peserta yang hadir dalam Rakor terselubung tersebut untuk kooperatif ” Jikalau bingkisan dari oknum Caleg masih ada/disimpan, bisa diserahkan ke Bawaslu ataupun Panwascam setempat guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.”

Bawaslu juga sudah kantongi siapa saja yang hadir dalam acara tersebut, maka dari itu ASN yang hadir diharapkan kooperatif.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Hasbullah saat dikonfirmasi awak media untuk klarifikasi hal tersebut lebih irit bicara dengan hanya menyampaikan ” Kewenangan dan kapasitas bawaslu nggih,” ujarnya. (por/red)

banner 325x300
Penulis: Por/red
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.