Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Gawat..! FORMASI Laporkan Hakim MK Guntur Hamzah ke MKMK, Ternyata ini Dugaannya

Total views : 246
  • Bagikan

Kuasa Hukum Formasi Moh Taufik MD, S.I.Kom, S.H. M.H,.


NASIONAL, faamnews.com Forum Mahasiswa Peduli Konstitusi (FORMASI) secara resmi telah melaporkan Hakim Mahkamah Konstitusi Guntur Hamzah ke Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi Jakarta,  Selasa, (19/03/2024)

Melalui Kuasa Hukum Formasi Moh Taufik S.I.Kom, S. H, M. H,. menjelaskan, bahwa Guntur Hamzah diduga telah melanggar etik Mahkamah Konstitusi dengan menjabat sebagai ketua organisasi Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara-Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN)

Bung Taufik (Begitu ia disapa) menilai, jabatan yang diambil secara bersamaan dimungkinkan pengurus dan anggota APHTN-HAN dibawah kepemimpinan Guntur Hamzah  juga menjadi saksi ahli maupun unsur bagian dari pihak yang berperkara pada persidangan perselisihan hasil pemilihan umum 2024 di MK.

Ditambah lagi kedudukan terlapor menjadi ketua umum APHTN-HAN juga tanpa adanya ijin dari lembaga Mahkamah Konstitusi. Sehingga terlapor terbukti melakukan perbuatan tercela sebagaimana diatur pada Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 1 Tahun 2023 tentang Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi, alasannya karena tidak menjaga citra independensi, marwah dan martabat sebagai hakim Mahkamah Konstitusi sebagaimana yang telah diatur pada kode etik hakim Mahkamah Konstitusi pada Peraturan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Nomor 09 Tahun 2006 Tentang Pemberlakuan Deklarasi Kode Etik Dan Perilaku Hakim Konstitusi.

“Dan masih banyak hal dan Fakta lain yang nanti akan kami ungkap di persidangan,” Ujar Praktisi Hukum Unitomo itu.

Laporan diterima langsung oleh Fajar Laksono sebagai Ketua Sekretariat MKMK pada selasa 19 Maret 2024 di kantor Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi Jl Medan Merdeka Barat no 6 Jakarta Pusat

“Ya betul, Laporan kami sudah masuk dan diterima dengan baik, kita tinggal tunggu proses selanjutnya.” kata Mantan Aktivis GMNI itu menutup wawancaranya dengan awak media.

banner 325x300
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.