Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Cek Persiapan Pengamanan Arus Mudik Lebaran, Kakorpolairud Baharkam Polri Ajak Personel untuk Total Layani Masyarakat

Total views : 467
  • Bagikan

Banten,Faamnews.com-Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Mohammad Yassin Kosasih mengatakan bahwa Persoalan penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten dan Pelabuhan Bakauheni, Lampung, selama periode mudik Lebaran 2024, diyakini akan bisa teratasi.

“Inovasi yang telah disiapkan seperti delaying system, rekayasa lalu lintas kendaraan yang menuju Pelabuhan Bakauheni dan radius reservasi tiket sangat baik untuk menghindari penumpukan kendaraan yang masuk ke pelabuhan,” kata Yassin saat mengecek persiapan pengamanan arus mudik Lebaran, Kamis (28/3/2024) di Pelabuhan Bakauheni-Merak.

Menurutnya, tinggal yang dibutuhkan adalah totalitas personel untuk melaksanakan pelayanan ini. Ia pun mengajak setiap personel untuk total melayani masyarakat yang ingin mudik Lebaran.

Terlebih, pemudik pada Lebaran tahun ini diperkirakan akan meningkat dibanding tahun lalu. Setelah melihat pemaparan dari pihak ASDP Pelabuhan Bakauheni, ada upaya perbaikan dalam menghadapi pengamanan arus mudik Idul Fitri dari tahun ke tahun.

Yassin turut mengapresiasi kesiapan dari ASDP Lampung dan jajaran Polda Lampung yang memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama pelaksanaan Operasi Ketupat tahun 2024.

Yassin meminta kepada personel Ditpolairud Polda Lampung agar mengecek kapal penumpang, kelengkapan alat navigasi, perlengkapan alat keselamatan, dan kesesuaian tiket penumpang dengan kapasitas yang mampu ditampung oleh kapal.

” Tidak kalah penting, untuk kendaraan yang akan naik ke kapal harus dilashing supaya ketika terjadi ombak tidak mengganggu kestabilan kapal,” ujar Yassin.

Dia menekankan perlu kerja sama yang baik antar-stakeholder terkait pelaksanaan pengamanan arus mudik.

Yassin mengingatkan arahan Presiden Joko Widodo pada saat Rapat Pimpinan TNI-Polri agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Kabaharkam Polri menugaskan saya untuk melakukan pengecekan kesiapan pengamanan Operasi Ketupat 2024 di Pelabuhuan Bakauheni dan Pelabuhan Merak,” ucap Yassin.

“Bapak Mendagri menyampaikan untuk arus mudik lebaran tahun ini akan mengalami lonjakan, untuk itu perlu adanya kerja sama antar-stakeholder dalam melaksanakan pengamanan arus mudik,” imbuh dia. Mudik Lebaran tahun ini bisa menjadi momentum untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Saya berharap disiapkan juga pos kesehatan di pelabuhan untuk antisipasi terjadinya masyarakat yang tiba-tiba sakit, ataupun ada masyarakat yang mendadak melahirkan. Jadi apapun situasinya kita sudah siap,” pungkas Yassin.

banner 325x300
Penulis: Riika nengsih
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.