oleh

Calo Di Samsat Gresik Bisa Mengurus Tanpa Ada Surat Kuasa Maupun KTP Selesai

-Hukum-88 views

GRESIK, faamnews.com – Samsat Gresik, Jalan Raya Dr. Wahidin Kebomas Gresik untuk mengambil keuntungan ” surat ya, ndak suwe-suwe sak jam mari. Gak duwe KTP yo iso (Ngurus surat ya, tidak perlu lama-lama satu jam selesai. Gak punya KTP juga bisa).”

Itulah sepengal kalimat yang keluar dari salah seorang calo di Samsat Gresik, Jalan Raya Dr. Wahidin Kebomas Gresik

Pantauan Crew faam news com, ketika masyarakat memasuki area pelayanan di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Gresik, Jalan Raya Dr. Wahidin Kebomas Gresik orang seketika menghampiri dengan ucapan berisi tawaran jasa pengurusan surat kendaraan STNK maupun BPKB.

Tawaran yang di sampaikan hampir semuanya sama yaitu, jasa pelayanan cepat tanpa ribet. Cepat, karena hanya butuh waktu tidak sampai satu jam, pengurusan STNK sudah selesai. Tanpa ribet yakni, pengurusan yang tidak perlu melampirkan sejumlah persyaratan yang di butuhkan sebagaimana seharusnya, misal KTP dan Surat Kuasa.

Fakta ini seperti yang di sampaikan salah satu calo ketika Crew faam news com berusaha menawarkan jasa kepada pemohon.

Saat pemohon tertarik dengan tawaran tersebut, ia pun kembali bermanuver. Menjelaskan sejumlah kemudahan pengurusan surat kendaraan jika melalui dirinya.

“Gak atek surat kuasa, wes tak ature, (Gak usah surat kuasa, wes saya atur),” kata pria berlogat madura tersebut, Jum’at ( 09 – 04 – 2021 )

Inisial T kemudian hanya meminta STNK pemohon, dan memberitahunya untuk membeli cek fisik kendaraan, “tuku cek fisik e ae, iso di Samsat asal. Iso tuku di kene, (beli cek fisik saja, bisa di Samsat asal bisa beli di sini),” ujarnya salah satu calo tersebut .

Masih kata si calo, ia menjelaskan pemohon bisa membayar biaya cek fisik untuk kendaraan roda dua sebesar 45 ribu rupiah. Setelah itu, segala proses pelayanan sepenuhnya ia lakukan.

“Pokoke beres, sing penting ono ngene ne, (sing penting beres pokok ada gini nya),” tutupnya sambil membuat tanda petikan jari yang bermakna ada duit segala sesuatu pasti beres.

Terpisah, seorang pemohon dalam perbincangannya diketahui, jika dirinya lebih memilih Calo untuk mengurus surat-surat kendaraan karena ada beberapa syarat yang tak bisa di penuhi. Yakni KTP si pemilik kendaraan.

“Gak punya KTP, kan harus pakai KTP. Kalau lewat Calo itu gak perlu,” aku S, warga GKB ( Gresik Kota Baru )

Termasuk kata dia, yang harus di buat adalah surat kuasa.

Sementara, si pemohon mengaku jika hal tersebut sulit untuk dipenuhi sebagai syarat pengurusan surat kendaraan. “Gak perlu itu, biasa lewat calo,” tutupnya.

Jika masyarakat ke Samsat Gresik, Jalan Raya Dr. Wahidin Kebomas Gresik juga
bisa membayar pajak tahunan, ganti plat nomor, mutasi dan balik nama kendaraan bermotor tanpa susah susah dan ribet.

Dengan adanya para calo yang ada di Samsat Gresik bertolak belakang dengan tulisan-tulisan yang ada di kantor Samsat Bersama Gresik ini dan pemberitaan ini di turunkan kami belum bisa meminta konfirmasi ke pihak Paur Samsat maupun Wakil dari Paur Samsat Bersama Gresik *(Ags, Bersambung)*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed