oleh

Bus Pariwisata Mengalami Kecelakaan Tunggal di Jalan Raya Wido – Malangbong

-Sosial-52 views

SUMEDANG, JAWA BARAT, faamnews.com – Satu bus pariwisata mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Raya Wado-Malangbong, Dusun Cilangkap RT 01/06, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Rabu (10/3/2021) malam.

Faamsnews.com Inilah deretan fakta kasus kecelakaan bus pariwisata yang terjun ke jurang di Tanjakan Cae.

Sebuah bus pariwisata Padma Kencana masuk ke jurang sedalam lebih dari 5 meter di Tanjakan Cae Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021).

Bus itu mengangkut rombongan peserta ziarah SMP IT Al Muawwanah, Cisalak, Subang., data sementara, sebanyak 23 orang tewas dalam kejadian tersebut.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Subang Maxi, bus itu mengangkut 63 orang penumpang, ” Berdasarkan informasi yang kami terima, ada 63 orang yang berada di bus itu,” tutur Maxi.

Masuk jurang dan terbalik 180 derajat
Kasubag Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana menuturkan, bus rombongan peziarah datang dari Tasikmalaya menuju Subang via Wado.

“Itu bus peziarah dari Cipatujah, Tasikmalaya yang hendak menempuh perjalanan menuju Subang via Wado Sumedang,” kata Dedi.

Menurut keterangan warga setempat, bus memang telah oleng 500 meter dari tempat kejadian hingga akhirnya terperosok masuk ke dalam jurang.

Kondisi bus terbalik 180 derajat hingga menyulitkan petugas mengevakuasi korban. diperlukan alat berat untuk mengevakuasi para korban yang terimpit bus.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munur menyampaikan, lokasi kecelakaan bus di Tanjakan Cae memang rawan kecelakaan.

“Iya memang di sana sering terjadi kecelakaan, di sana memang harus hati-hati. Jalan ini jalan provinsi tapi kami tetap sediakan lampu PJU-nya, marka jalan, dan sebagainya. Ini jadi perhatian kami secepatnya,”, ujar Dony

Menurutnya memang perlu ada penanganan khusus di Tanjakan Cae agar tak lagi memakan korban.

“Sebenarnya kemarin TNI-Polri dan pihak kecamatan sudah membersihkan ada longsoran, sudah kami atasi sejak kejadian sebelumnya. Tapi terjadi lagi (kecelakaan) di tempat itu lagi, memang harus ada penanganan dan tindakan di Tanjakan Cae ini,” terangnya.

Korban meninggal yang sudah dievakuasi ke sini ada 23 orang, korban selamat sebanyak 18 orang langsung dirujuk ke RSUD Sumedang,” kata Kepala Puskesmas Wado, Eka Damayanti.

Hingga saat ini, polisi dan SAR gabungan masih berada di lokasi dan fokus mengevakuasi korban yang masih terjepit di dalam bus.

(Rika)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed