Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Bid Dokes Polda Jatim Edukasi Kesehatan “Eliminasi Kanker Servik” ke Polwan dan ASN Polresta Malang Kota

Total views : 81
  • Bagikan

KOTA MALANGfaamnews.com – Tingkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pencegahan kanker serviks, Bid Dokes Polda Jatim gelar Seminar Kesehatan “Eliminasi Kanker Servik” bagi Polwan dan ASN Polresta Malang Kota di Aula Sanika Satyawada.

Seminar dihadiri Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto S.I.K M.Si, AKBP Apip Ginanjar M.Si, Pemateri Iptu dr. Arifian Juhari, Sp.OG dari RS Hasta Brata Kota Batu, serta seluruh Polwan dan ASN wanita Polresta Malang Kota dan Polsek Jajaran.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto S.I.K M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Seminar Kesehatan ini merupakan langkah penting dalam mencegah terjadinya kanker serviks pada Polwan dan ASN wanita di Polresta Malang Kota hingga Polsek Jajaran.

“Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya bagi wanita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang pencegahan kanker serviks,” ujar Kombes Pol Budi Hermanto.

Seminar Kesehatan “Eliminasi Kanker Servik” ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan Polwan dan ASN wanita di Polresta Malang Kota tentang bahaya kanker serviks dan cara pencegahannya.

“Dengan edukasi dan pemeriksaan dini, diharapkan angka kejadian kanker serviks terutama di Polresta Malang Kota dapat cegah.” Harap Buher.

“Mari kita jaga kesehatan dengan pola hidup dan makanan yang sehat. Dengan adanya kegiatan ini, semoga bermanfaat untuk semua,” Tambahnya.

Sementara saat memberikan materi Iptu dr. Arifian Juhari, Sp.OG menyampaikan bahaya kanker serviks, penyebabnya, gejala-gejalanya, serta cara pencegahannya.

“Kanker serviks adalah kanker ganas yang menyerang leher rahim wanita dan disebabkan oleh virus HPV.” Ungkap Iptu dr. Arifian

Ia menjelaskan bahwa penyebab dan pengobatan Kanker Serviks muncul pada usia dewasa (produktif).

“Kanker serviks biasanya muncul pada usia 35-55 tahun, pada saat usia produktif. Pengobatan kanker serviks berpotensi menimbulkan komplikasi dan kemandulan,” jelas Iptu dr. Arifian Juhari.

Iptu dr. Arifian menekankan pentingnya vaksinasi HPV sebagai salah satu cara pencegahan kanker serviks yang paling efektif.

“Untuk pencegahan selain itu vaksin HPV, bisa dilanjutkan dengan pemeriksaan Pap Smear secara rutin, ini juga penting untuk mendeteksi kanker serviks pada tahap awa” Papar Iptu Arifian.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Peserta yang aktif bertanya mendapatkan voucher menarik.

Seminar Kesehatan “Eliminasi Kanker Servik” ditutup dengan pemeriksaan gigi (Dental Fitness) dan pemberian vitamin oleh tim Bid Dokes Polda Jatim kepada para peserta Polwan dan ASN wanita yang hadir.

banner 325x300
Penulis: Yasin/red
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.