Menu
Mengungkap Fakta, Mengawal Aspirasi

Plt Lurah Pandaan Akui Foto Bareng Caleg, Bawaslu Tindaklanjuti Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Total views : 455
  • Bagikan

PASURUAN, faamnews.com- Plt Kelurahan Pandaan Asy’ari Cahyono yang diduga oknum ASN dalam foto yang beredar bersama Caleg DPR-RI Irsyad Yusuf yang menjadi sorotan publik beberapa hari terakhir akhirnya terbukti kebenarannya.

Hal tersebut terungkap setelah Panwascam Kecamatan Pandaan yang dipimpin Kusrin mendatangi Asy’ari Cahyono di kantor kelurahan pandaan untuk klarifikasi perihal informasi dari beberapa media online pada Hari Selasa (16/01/24).

Ketua Panwascam Pandaan Kusrin pada awak media menyampaikan bahwa oknum ASN yang ada dalam foto tersebut adalah Plt Kelurahan Pandaan Asy’ari Cahyono.

“Kita dari Panwascam sudah klarifikasi Asy’ari Cahyono di kantor kelurahan Pandaan, dari hasil konfirmasi tersebut dirinya mengakui kalau yang pakai baju kedinasan warna putih adalah dirinya,” ujar Kusrin.

Untuk sementara waktu dari Panwascam belum bisa menentukan dari foto tersebut terjadi pelanggaran pemilu atau tidak. Selanjutnya hasil tersebut akan kita laporkan ke pimpinan Bawaslu untuk di pleno kan guna mengambil langkah selanjutnya.

Lebih lanjut, Kusrin Juga menyampaikan bahwa lokasi dalam foto tersebut merupakan posko pemenangan Caleg DPR RI Irsyad Yusuf yang berada di wilayah Turus Kecamatan Pandaan.

“Asy’ari Cahyono juga mengakui dirinya hadir sebagai undangan, sedangkan terkait kode 4 jari tersebut dirinya mengaku reflek saat diajak foto bersama,” beber Kusrin.

Hal yang sama juga disampaikan oleh salah satu peserta dalam acara tersebut, dirinya mengaku kalau di hubungi Irsyad Yusuf untuk menghadiri acara itu sendiri.

“Saya dihubungi beliau (Irsyad Yusuf) mendadak, ketika saya sudah sampai dilokasi ternyata sudah kumpul makan semua.”

Disinggung adanya oknum ASN dalam acara tersebut, dirinya juga mengaku kaget pada saat itu. Ternyata salah satu dari sekian tamu undangan ada pak Lurah yang hadir.

“Sebelumnya saya tidak tahu, tahunya entah itu disampaikan siapa saya lupa. kalau yang pakai baju putih tersebut adalah Lurah di salah satu Kelurahan Kecamatan Pandaan,” paparnya yang meminta agar namanya tidak ikut di publikasikan.

Sebelumnya diketahui, Oknum ASN yang berasal dari Gempol tersebut diduga tantang balik Bawaslu Kabupaten Pasuruan saat di konfirmasi awak media di kantor Kelurahan. Dengan nada tinggi dan emosi dirinya mengaku tidak salah dengan sedikit menggertak bahwa dirinya adalah pakar hukum dengan embel-embel SH.

“Opo onok seng salah mbek foto iku, wong koncoku. Mosok foto ae gak oleh, aku yo sarjana hukum mas (Apa ada yang salah dengan foto tersebut, dia teman saya. masak foto saja tidak boleh, saya juga sarjana hukum mas),” ujar Asy’ari.

“iku ngunu foto jaman biyen, iku yo konco sekolah. mosok nang omahe kate gak oleh (itu foto lama, dia juga teman sekolah. masak kerumahnya tidak boleh).”

Ditempat terpisah, Ketua Bawaslu Arie Yoenanto pada awak media menyampaikan “Kita tunggu hasil laporan dari Panwascam, segera kita pleno kan terkait hal tersebut. untuk hasilnya bagaimana dan seperti apa nanti kita publikasikan pada rekan-rekan wartawan.”

“Keterangan yang didapat akan dilakukan kajian unsur dugaan pelanggaran netralitas ASN.”

“Bawaslu menginstruksikan kepada Panwascam untuk menelusuri (pulbaket) informasi yang berkembang di masyarakat (media massa) dengan mengklarifikasi ASN tersebut. Meminta keterangan saksi2 lain, RT dan RW yg hadir pada kegiatan tsb,” pungkas Ketua Bawaslu Arie Yoenanto. (por/red)

banner 325x300
Penulis: Por/red
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.