oleh

Aksi Tabur Bunga Warnai HUT RI Ke-76 di Kecamatan Pademawu Pamekasan

Sejumlah Pemuda Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu saat Melakukan Aksi tabur bunga di perairan pantai jumiang Pamekasan


PAMEKASAN, faamnews.com Sejumlah petani dan pemuda Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, menggelar aksi tabur bungan di hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Selasa (17/8/2021).

Aksi yang dilakukan di Pantai Jumiang merupakan bentuk kekecewaan terhadap adanya wacana pengeboran minyak dan gas bumi (Migas) di Perairan Pademawu oleh PT Medco Energy.

Kordinator aksi Mohammad Rohim mengatakan bahwa adanya pengeboran Migas di Perairan Pademawu sama halnya dengan menunggu kehancuran ekosistem laut dan mematikan mata pencaharian masyarakat.

Dengan begitu, pada tahun ke-76 kemerdekaan RI, petani dan pemuda Tanjung mengajak seluruh elemen masyarakat melek dampak pengeboran Migas beberapa tahun ke depan.

“Krisis ekologis itu sangat nyata. Kita tidak merdeka seutuhnya saat ancaman kiamat iklim semakin nyata jika pengeboran di pengeboran di Perairan Pademawu dilanjut,” katanya.

Rohim saat melakukan aksi dengan membentangkan poster

Oleh karena itu, Rohim meminta pemberi izin tidak serta merta memberi kelonggaran, pemerintah perlu mempertimbangkan aspek sosial, lingkungan, dan ruang hidup untuk masyarakat, serta lingkungan hidup.

Dikatakan Rohim, yang perlu diperhatikan lagi, nasib petani dan masyarakat sekitar yang kehidupannya ketergantungan kepada kekayaan laut.

“Sebagai besar masyarakat pesisir Tanjung menggantungkan hidupnya dari hasil laut, baik menangkap ikan maupun membudidaya rumput laut,” ujarnya.

Ia menyebut, jika pengeboran Migas dilanjut, maka secara perlahan masyarakat Kecamatan Pademawu pada umumnya, dan warga Desa Tanjung pada khususnya akan dibunuh secara perlahan oleh pemerintah.

“Mari buka mata dan hati supaya kemerdekaan benar-benar dirasakan oleh masyarakat kecil,” pungkasnya. (Jhoni/Sid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed