oleh

Akhirnya Jokowi Pastikan Tak Ada Impor Beras Hingga Juni 2021

NASIONAL, faamnews.com Sempat menjadi perdebatan, Kini pemerintah memastikan tidak ada impor beras hingga Juni 2021, hal ini di tegaskan Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi saat Konfrensi Pers, Jum’at (26/03/2021)

Jokowi meminta kepada Masyarakat agar segera menghentikan perdebatan soal impor Beras, Jokowi khawatir polemik tersebut justru akan berdampak pada anjloknya harga gabah di masa panen raya

“Saya minta segera hentikan perdebatan yang berkaitan dengan impor beras. Ini justru bisa membuat harga jual gabah di tingkat petani turun atau anjlok,” Tegas pria kelahiran 1961 itu. Jum’at (26/03/2021)

Diakuinya, memang ada Memorandum of Understanding (MoU) dengan Thailand dan Vietnam soal impor beras, namun hanya bersifat antispasi mengingat situasi pandemi Covid-19 yang penuh ketidakpastian.

“Saya tegaskan sekali lagi, berasnya belum masuk. Saya pastikan beras petani akan diserap oleh Bulog. Dan saya akan segera memerintahkan Menteri Keuangan agar membantu terkait anggarannya. Saya tahu, kita memasuki masa panen dan harga beras di tingkat petani belum sesuai diharapkan,” Sambung dia

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Perdagangan kompak menginisiasi impor beras sebanyak 1 juta ton pada tahun ini.

Sebaliknya, Kementerian Pertanian dan Perum Bulog menyatakan stok dan pasokan beras dalam negeri berlimpah sehingga tak perlu impor.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi pun pasang badan terkait kebijakan ini.

Lutfi mengaku siap mundur dari jabatannya jika kebijakan itu salah. Mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat ini berujar keputusan impor tersebut diambil melalui perhitungan matang meski tak populer.

“Kalau memang saya salah, saya siap berhenti, tidak ada masalah, tapi tugas saya memikirkan yang tidak dipikirkan oleh Bapak dan Ibu,” kata Lutfi merespons impor beras dalam Rapat Kerja dengan Komisi Perdagangan Dewan Perwakilan Rakyat pada Senin(22/03/) lalu

Mendag Lutfi mengatakan impor beras tersebut akan digunakan sebagai iron stock atau cadangan. Ia pun memastikan beras impor tidak akan masuk ke Indonesia di tengah panen raya yang saat ini berlangsung.

“Waktunya bukan sekarang yang masih musim panen,” Tukasnya (Sid / Rika Nengsih)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed