oleh

PAMEKASAN, faamnews.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dakwah Islamiyyah “LP2MDI” Sekolah Tinggi Ilmu Syariah As Salafiyah ” STISA” Sumber Duko Pamekasan menggelar kegiatan untuk peningkatan mutu akademik khususnya publikasi para dosen. Kegiatan ini adalah Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk menuju jurnal terakreditasi yang diselenggarakan pada Selasa, 12 Januari 2021 di ruang auditorium Lt 3 dengan menghadirkan Dr. Moh.Anas Kholis,M.HI dan DR.Siti Rahmah, S.HI.,M.H. sebagai narasumber.

Ketua STISA, K.H Ali Makki Musyaffa’, S.Pd.I.,M.Pd.I mewakili Panitia dalam kata sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai tujuan untuk membimbing para dosen dalam menulis artikel yang berkualitas. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan bapak Moh. Anas dan ibu Siti Rahmah untuk memberi pencerahan kepada para dosen menuju pencapaian penulisan jurnal bereputasi Nasional bahkan Internasional. Dan juga, terima kasih atas kerja keras LP2MDI.

Ketua LP2MDI Sa’e Affan, S.Sy. M.H.dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka membangkitkan semangat para dosen untuk mampu mempublikasikan artikelnya di jurnal bereputasi Nasional dan internasional. Disamping ketersediaan dana penelitian, sekaligus adanya tantangan bahwa data-data dan hasil penelitian harus dipublikasikan pada jurnal-jurnal terakreditasi. Hal ini ditambah lagi dengan penguatan telah diterbitkannya Keputusan Diktis nomor 1056 th 2017, tentang panduan umum perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan penelitian pada PTKI, yang mewajibkan artikel hasil penelitian dimuat di jurnal terindeks.

Wakil Ketua I Holil Subhi, S.HI.M.H dalam kata sambutannya, menyampaikan bahwa mengapresiasi kerja LP2MDI pada penyelenggaran kegiatan ini dalam rangka menumbuhkan minat tulis dosen dalam berkarya di bidang penulisan.

“Mari bersama-sama berlomba-lomba dalam menulis artikel di jurnal terakreditasi dan internasional. Dan, mari kita jadikan skala prioritas dalam penulisan jurnal. InsyaAllah dalam dua tahun ke depan, kita akan melahirkan para dosen yang mempublikasikan artikel yang terindeks di Scopus, tuturnya.

Setelah pembukaan acara, Dr.Moh. Anas., S.H.M.H menyampaikan materi bagaimana cara menulis karya ilmiah yg baik dan berkualitas dan bagaimana cara memfungsikan tentang Google Scholar ID, Orcid ID, ResearchGate ID, dan dilanjutkan dengan materi Writing a Scientific Manuscript.

“Para dosen perlu memiliki ID Google Scholar dan Orcid sebagai perpustakaan pribadi sekaligus sarana promosi peneliti dan kampus”.

(Anam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed